6 Manfaat Kurma Deglet Noor



6 Manfaat Kurma Deglet Noor


Siapa yang tidak tahu kurma? Buah yang berbentuk oval berwarna cokelat muda ini pasti diketahui semua orang, tak hanya di Indonesia tapi di seluruh belahan dunia terutama negara bagian meditarian tengah. Kurma atau Tamar dalam bahasa Arab, merupakan pohon buah yang mirip seperti palem atau kelapa sawit. Sementara buahnya bertangkai seperti buah pinang. Buah yang identik pada bulan Ramadhan ini dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu kering, semi kering, dan lunak. Kurma deglet Noor ialah salah satu jenis kurma semi kering yang peminatnya terbanyak di pasar dunia antara lain Algeria, Amerika, Tunisia, dan Libya. 

Manfaat Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor juga populer dengan sebutan kurma Tunisia. Berbeda dengan kurma pada biasanya, deglet noor ini berwarna cokelat muda namun lebih terang dibandingkan dengan kurma lainnya. Buahnya berbentuk oval dengan panjang sekitar 2-7,5 cm. Buah ini umumnya dikemas dengan kotak bergambar pohon kurma yang serupa dengan palem dan dijajakan dipasaran masih dengan tangkainya. Teksturnya yang semi kering membuat kurma jenis ini memiliki rasa legit namun tidak terlalu manis. Sehingga renyahnya pas untuk berbagai olahan kue. 

Tahukah Anda ternyata umur deglet Noor ini sangat tua. Sejak 6000 tahun sebelum masehi kurma ini sudah terkenal di wilayah Timur Tengah, lalu populer lagi baru-baru ini pada abad ke-18. Kurma ini kembali populer karena miliki kandungan yang bermanfaat, diantaranya :

Protein
Zat besi
Karbohidrat 
Fosfor
Fluor
Kalori
Potassium
Magnesium 
Antioksidan 

Ternyata kurma ini banyak kandungan nutrisinya, disamping itu tanaman kurma juga memiliki keunikan loh. Uniknya, dalam sekali panen tanaman ini dapat berbuah sebanyak 60-80 kg buah kurma. Wah banyak sekali ya. Selain keunikannya itu pastinya kurma deglet noor mempunyai manfaat yang tak kalah pentingnya. Apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasannya. 

1.Mengembalikan Energi dengan Cepat 

Rasa manis dari degleet noor ternyata mengandung gula-gula alami, seperti glukosa dan fruktosa. Gula-gula tersebut dapat memberikan kalori yang cukup untuk dijadikan sumber energi. Sehingga tubuh yang lemas akibat kekurangan energi dapat menghadirkan kembali energi dengan cepat. 

2.Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan mineral seperti fluor yang terdapat pada buah ini bagus untuk membantu menguatkan gigi dan menjaganya agar tetap sehat. Anak-anak yang sedari kecil dibiasakan memakan buah kurma deglet noor akan membantu menguatkan giginya sehingga tidak mudah keropos karena memakan gula-gula buatan. 

3. Mencegah Makan Berlebihan 

Ternyata manfaat lain dari mengonsumsi buah ini yaitu dapat mencegah makan berlebihan. Mengapa seperti itu, karena kandungan serat dan karbohidrat yang ada di dalamnya dapat membantu memenuhi sumber energi tubuh. 

4. Mengatasi Anemia

Dari berbagai penelitian, mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu mencegah anemia. Dengan salah satu kompisisi utamanya yaitu zat besi yang sangat bagus untuk pencegahan anemia. 

5. Menguatkan Tulang

Kandungan fosfor pada kurma deglet noor berfungsi untuk membentuk matriks tulang dan menguatkan tulang. Selain itu, fosfor dapat membantu tubuh dalam mengurangi nyeri otot selepas berolahraga. 

6. Menyehatkan Jantung dan Sistem Saraf

Selain mengandung fosfor yang bermanfaat untuk menguatkan tulang, buah ini juga ternyata kaya akan protein, serat, dan antioksidan yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol LDL. Sebagaimana kita ketahui bahwa kolesterol LDL berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu serangan jantung. Mengonsumsi buah kurma dengan seimbang mampu membantu mengatur kadar kolesterol tubuh. 

Nah itu tadi beberapa manfaat buah kurma deglet noor yang mungkin jarang diketahui orang-orang. Semoga dengan mengonsumsi kurma deglet noor kita senantiasa diberi energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan jangan bosan untuk selalu mencari tahu manfaat-manfaat yang terkandung dalam suatu makanan karena dengan itu kita bisa mengatur nutrisi serta gizi yang diperlukan oleh tubuh. 


Gudang Manfaat Gudangnya manfaat buah-buahan, sayuran, hewan, dan olahraga

4:00 AM - tanpa komentar