6 Manfaat Kurma Palm Frutt



6 Manfaat Kurma Palm Frutt

Kurma palm frutt merupakan salah satu jenis kurma yang berasal dari Tunisia. Kurma bertangkai yang berasal dari Tunisia ini memiliki bentuk lonjong besar dan bertekstur lembut dengan daging buahnya yang tebal serta memiliki rasa yang manis. 

6 Manfaat Kurma Palm Frutt


Kurma palm frutt ini jauh lebih segar dibanding kurma lain, karena biasanya kurma palm frutt dijual masih dengan tangkainya. Kurma yang satu ini mempunyai banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh, beberapa diantaranya yaitu:

Mengandung Folat


Asam Folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang diperlukan tubuh. Nutrisi ini penting sebagai pemelihara kesehatan semua kalangan usia, terutama untuk ibu hami. Kandungan folat dalam kurma dapat mencegah cacat tabung saraf bayi yang baru lahir dan mencegah terjadinya anemia. Tak hanya itu, folat juga berperan penting untuk proses pembentukan sel tubuh. 

Mengandung protein

Buah kurma kaya akan kandungan gizinya berupa protein. Protein merupakan komponen penting dari setiap fungsin sel dalam tubuh. Maka tak heran jika Nabi Muhammad menganjurkan mengonsumsi kurma khususnya saat berbuka puasa. 

Mengandung Kalium


Kandungan Kalium atau Potassium dalam kurma cukupl tinggi. Setiap 100 gram kurma terdapat potassium sebanyak 656 mg. Potassium pada kurma dua kali lebih banyak dibandingkan dengan pisang. Potassium ialah nutrisi yang harus ada setiap hari di dalam asupan makanan kita, karena merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, potassium berperan penting dalam fungsi sel-sel tubuh. 


Selain beberapa kandungan nutrisi di atas tentunya masih banyak lagi kandungan lainnya pada kurma palm frutt ini. Kurma palm frutt juga dijuluki sebagai buah dari cahaya yang mana buah kurma tersebut sangat baik sekali dikonsumsi oleh siapapun, untuk anak–anak ataupun dewasa, orang tua bahkan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Wah ternyata buah ini dianjurkan bagi semua kalangan, lalu apa saja manfaat yang dimiliki pada buah kurma palm frutt ini?

1.Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya mineral, kurma mengandung gizi lain seperti selenium, mangan, tembaga, dan magnesium berfungsi untuk menambah kesehatan dan kekuatan pada tulang. Buah ini dapat mencegah penyakit tulang keropos semacam osteoporosis. 


2.Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin B yang terkandung dalam buah ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem saraf pada tubuh. Di samping itu, kandungan zat kalium kurma membantu meningkatkan kinerja sistem saraf supaya lebih sehat dan responsif. 

3.Menjaga Tubuh dari Penyakit Anemia

Buah kurma mengandung zat besi dengan kadar tinggi. Zat besi bermanfaat dalam produksi sel darah merah (eritrosit) pada tubuh sehingga menjadikannya lebih baik serta membuat tubuh selalu kuat dan tidak mudah lesu. Kekurangan darah merah dapat menyebabkan anemia. Dengan mengonsumsi kurma Palm Frutt secara teratur bisa mengurangi risiko anemia yang berbahaya ini. 

4.Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah

Manfaat buah kurma selanjutnya yaitu dapat meningkatkan jumlah trombosit pada penderita penyakit demam berdarah. Kandungan mineral seperti galaktosa, xilosa, dan manosa dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit sebanyak 23,90%. 

5.Menjaga Keremajaan Kulit

Kulit halus dan tidak kusam menjadi dambaan setiap orang. Kita akan merasa percaya diri saat kulit kita terjaga kesehatannya. Kandungan vitamin C pada buah ini membantu menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Maka dari itu beragam permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, dan lain-lain bisa diminimalisir dengan mengonsumsi kurma palm frutt. 

6.Menjaga Kesehatan Usus

Serat larut pektin pada buah kurma lebih banyak dibanding buah-buaham lain. Serat ini berperan sebagai prebiotik yang membantu perkembangan bakteri baik dalam pencernaan. Mengonsumsi kurma secara rutin dapat menghambat pertumbuhan organisme patologis dan mampu mencegah berbagai macam kelainan dalam usus, termasuk kanker usus. 


Itulah beberapa manfaat yang dimiliki kurma palm frutt, tentunya masih banyak manfaat lain yang belum dituliskan di atas. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan kita senantiasa selalu diberi kesehatan dengan banyak memakan kurma ini. 


4:00 AM - tanpa komentar