Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan di Bulan Ramadhan



Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan di Bulan Ramadhan

Memasuki Bulan Ramadhan, tentu kita tidak asing lagi menjumpai buah kurma banyak dijajakan di setiap toko. Kurma memang memiliki khasiat yang sangat hebat dibandingkan buah buah lainnya, Kurma sangat bisa membantu kesehatan kita ketika berpuasa, banyak sekali manfaat kurma untuk kesehatan di Bulan Ramadhan.

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan di Bulan Ramadhan


Kurma merupakan jenis tanaman palma (Arecaceae) yang termasuk ke dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asal tumbuhnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, namun kemungkinan tanaman ini berasal dari sekitar Teluk Persia. Pohon kurma memiliki ukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, Pohon kurma tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dengan sebuah sistem akar tunggal. Daun pohon kurma memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dengan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda yang berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm.

Baca Juga : 9 Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan

Bagaimana Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ketika Berpuasa?

1. Sumber Energi 

Saat berpuasa tentu energi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh kita akan kekurangan asupan nutrisi. Dengan mengalami kondisi tersebut, buah kurma bisa menjadi solusi untuk mencegah hal tersebut. Jika Anda rutin mengonsumsi kurma saat melaksanakan sahur dan berbuka puasa, Anda tidak akan kekurangan sumber energi. Hal ini disebutkan kandungan glukosa yang ada dalam buah kurma dapat memberi kalori yang cukup untuk dijadikan sumber energi tambahan tubuh. Energi tersebut akan bermanfaat membantu Anda menjalankan berbagai aktivitas harian.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolestrol bisa dikatakan telah menjadi mimpi buruk bagi kita. Tapi tahukah Anda jika kurma bebas dari kolesterol dan tidak mengandung lemak? Mengonsumsi buah kurma dalam jumlah yang tak berlebihan dapat membantu mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh kita bahkan buah kurma dapat membantu penurunan berat badan juga.

3. Menangkal Radikal Bebas

Buah kurma ternyata dapat menangkal radikal bebas karena buah kurma sangat kaya akan antioksidan yang berfungsi mengurangi efek radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Kandungan antioksidan tersebut berperan untuk menjaga sel dan jaringan tubuh dari peradangan kronis yang  dapat memicu risiko penyakit berbahaya. Kandungan Flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid pada kurma mampu mengatasi risiko jenis kanker. Bahkan kandungan karotenoid dapat mengurangi risiko gangguan mata seperti degenerasi makula. 

4. Kaya Protein

Selain kaya akan antioksidan, Kurma kaya akan protein juga yang sangat baik untuk tubuh ketika shaum. Mengkonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa bisa membantu tubuh tetap bugar dan bahkan menjaga otot tetap kuat sehingga akan mengurangi rasa lemas kita saat berpuasa.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Ketika shaum, tentu kita akan mengalami kurang fokus. Untuk mengatasi hal tersebut, Kurma dapat membantu meningkatkan kemampuan Otak. Ternyata banyak penelitian menyebutkan bahwa kurma dapat membantu proses peradangan, seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. proses IL-6 ini dikaitkan dengan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer. Kurma juga dapat mengurangi aktivitas protein beta amiloid. Zat tersebut bisa membentuk plak di otak dan menyebabkan kematian sel otak, jika kadarnya terlalu tinggi. Antioksidan flavonoid pada kurma dapat mengurangi peradangan di otak. 

6. Kaya Zat Besi

Selain buah kurma mengandung fluor yang dapat menjaga gigi tetap sehat. Kurma juga mengandung zat besi. Ketika sedang berpuasa tentunya kita akan mengalami rasa lemas lesu seperti gejala anemia. Seseorang yang anemia berarti mengalami kekurangan zat besi sehingga akan menyebabkan kelelahan hingga sesak napas. Oleh karena itu, Kurma sangat bagus untuk membantu atasi anemia dan dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sahur dan berbuka ketika shaum.

7. Menyehatkan Pencernaan

Ketika sedang melaksanakan shaum di bulan ramadanm terkadang kita akan mengalami permasalahan sistem pencernaan. Jika Anda merendam beberapa kurma dalam air atau yang sering kita sebut dengan infused water, tentu sistem pencernaan akan sangat baik. Karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga kurma sangat direkomendasikan karena dapat mengatasi masalah sembelit.


Itulah Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan di Bulan Ramadhan. Semoga dengan mengkonsumsi buah kurma dapat membantu Anda selalu berenergi ketika berpuasa. Selain itu, semoga Anda selalu diberikan kelancaran dalam beribadah di pulan ramadhan ini.


Gudang Manfaat Gudangnya manfaat buah-buahan, sayuran, hewan, dan olahraga

4:00 AM - tanpa komentar