9 Manfaat Kurma Sukari Untuk Kesehatan



9 Manfaat Kurma Sukari Untuk Kesehatan

Kurma merupakan buah yang tidak asing lagi bagi kita semua. Terutama saat bulan Ramadhan tiba, buah ini nyaris laku di pasaran karena rasanya yang manis, lezat, dan mempunyai tekstur seperti karamel. Salah satu kurma yang bagus untuk kesehatan adalah kurma sukari.



9 Manfaat Kurma Sukari Untuk Kesehatan



Di seluruh dunia setidaknya ada 30 jenis kurma. Sukkary dari Arab Saudi adalah salah satu jenis kurma yang paling mahal. Kurma jenis ini memiliki kulit coklat gelap, daging lembut dan manis. Selain mempunyai daging yang lembut nan manis, ternyata kurma sukari mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh, yaitu:


·         asam amino
·         zat tembaga (cooper)
·         florida
·         zat besi
·         vitamin A
·         magnesium
·         potasium


Baca Juga : Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan di bulan Ramadhan
Nah cukup banyak bukan kandungan nutrisi yang dimiliki kurma sukari ini, tidak hanya itu masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi yang melimpah pada buah ini memiliki manfaat-manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Kita simak ulasannya.

1. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Cairan tubuh yang tidak seimbang memiliki berbagai efek samping seperti dehidrasi. Kandungan Potasium yang ada di dalam kurma sukari bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh sekalipun di musim panas. Meningkatkan asupan makanan kaya air seperti kurma sukari bisa mengatasi haus akibat dehidrasi.

2. Melancarkan pencernaan

Seperti halnya buah-buahan lain yang memiliki kandungan tinggi serat, kurma sukari juga tidak kalah mengandung tinggi serat alami yang bisa meningkatkan kesehatan usus dan melancarkan pencernaan. Kurma sukari lebih efektif dan tidak menyebabkan efek samping apa pun daripada mengonsumsi suplemen atau obat serat. Jadi, jika masalah sembelit datang atau buang air besar tidak lancar makanlah buah kurma sukari sebagi solusinya.

3. Mengatasi Anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Ketika tubuh kekurangan zat besi maka gejala yang akan terjadi seperti kelelahan, napas pendek, mudah pusing, kuku rapuh, dan denyut jantung menjadi cepat. Tetapi tidak usah khawatir, karena kandungan zat besi yang terdapat dalam kurma sukari bila dikonsumsi secara runtin berguna untuk menyembuhkan anemia. Menjadikan sukari sebagai makanan tambahan sehari-hari juga bisa menjaga aliran darah tetap lancar dan membersihkan darah.

4. Menurunkan Berat Badan

Diet yang salah dengan cara menahan makan dan membiarkan lapar justru tidak akan membawa hasil dan manfaat. Malah sebaliknya bisa berakibat buruk bagi tubuh dan kesehatan. Apabila Anda sedang membatasi makan, kurma sukari bisa menjadi alternatif camilan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi diet. Ahli gizi merekomendasikan makan kurma 4-6 buah sudah bisa membuat perut kenyang lebih lama dan meningkatkan penyerapan usus.

5. Mencegah Gigi Berlubang

Karies gigi atau gigi berlubang dapat menyerang siapa saja di semua kalangan usia. Mengonsumsi kurma sukari secara rutin dapat mencegah terjadinya gigi berlubang, karena kandungan fluoride yang terdapat di dalamnya. Selain itu, sebagai buah-buahan yang tinggi serat kurma sukari dapat merangsang produksi air liur terus mengalir. Hal ini bermanfaat untuk mempertahankan mineral dan mencegah kerusakan gigi.

6. Meningkatkan Energi

Kandungan gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang ada dalam kurma sukari selain mudah dicerna oleh tubuh, dapat memberi kalori yang cukup untuk dijadikan sumber energi tambahan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat dari buah kurma sukari ini, jadikan beberapa kurma sukari sebagai tambahan menu sarapan pagi, supaya tubuh bernergi untuk melakukan aktivitas harian.

7. Mencegah Risiko Diabetes

Kurma sukari ini mempunyai rasa manis yang lezat, Walaupun rasanya manis, makan buah ini tidak serta-merta langsung meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa buah ini mempunyai indeks glikemik rendah. Buah asal Arab ini tidak langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Kekurangan vitamin A menyebabkan kornea kering, muncul kerutan pada bagian depan mata, bahkan kerusakan kornea yang berujung pada kebutaan. Untuk menjaga kesehatan mata dan kemampuan penglihatan, makan kurma sukari bisa menjadi opsi bagus. Beruntungnya buah ini mengandung  vitamin A yang berperan penting menjaga kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang, dan sistem imun.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka manfaat sukari lainnya adalah menjaga kesehatan kulit. Ya, mengonsumsi buah ini sehari-hari menjadikan kulit semakin sehat dan kenyal. Sukari kaya akan asam lemak, vitamin, dan phytonutrien yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati. Jika menderita masalah kulit, mengonsumsi kurma dapat membantu kesehatan kulit dalam jangka panjang dan memiliki manfaat anti penuaan serta mencegah akumulasi melanin pada kulit.


Nah itulah manfaat yang dimiliki buah kurma sukari, tentunya masih banyak manfaat lain yang belum dituliskan pada ulasan di atas. Semoga dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut kita makin menjaga tubuh agar tetap sehat, salah satunya dengan mengonsumsi kurma sukari.

Gudang Manfaat Gudangnya manfaat buah-buahan, sayuran, hewan, dan olahraga

4:00 AM - tanpa komentar